Sabtu, Padamkan Listrik Satu Jam

Sabtu, Padamkan Listrik Satu Jam 1

 

Sumber : pikiran-rakyat.com

Novianti Nurulliah Kamis, 28 Mar 2019, 17:28

BANDUNG, (PR). – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil menginstruksikan seluruh jajaran OPD, BUMD di lingkungan Pemrov Jabar dan 27 kota dan kabupaten untuk terlibat dalam kampanye hemat energi Earth Hour, Sabtu 30 Maret 2019. Surat edaran sudah dibagikan pada Rabu 27 Maret kemarin.

“Tanggal 30 kita membantu ramah lingkungan bersama seluruh dunia ya kan,” kata Ridwan Kamil saat ditemui di Kantor DPRD , Jalan Diponegoro Kota Bandung, Kamis 28 Maret 2019.

Menurut dia, Earth Hour adalah kampanye yang mengajak penduduk dunia mulai dari individu, komunitas, korporasi, hingga pemerintah untuk mengurangi laju pemanasan global dan dampak perubahan iklim. Salah satu caranya dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang sedang tidak dipergunakan selama satu jam pada pukul 20.30 hingga 21.30 setiap sabtu di minggu ketiga bulan Maret setiap tahunnya.

Untuk tahun 2019, peringatan Earth Hour tingkat Provinsi Jabar akan dilaksanakan pada Sabtu 30 Maret, di Trans Studio Mall Bandung dengan salah satu rangkaian acaranya adalah memadamkan listrik selama satu jam pada pukul 20.30 hingga pukul 21.30.

Dia berharap semua pihak melakukan gerakan serentak di daerah dan kantornya masing masing hingga ke tingkat kecamatan dan keluarahan serta desa pada waktu yang sama.

Sementara itu, Saepul Hamdi, kordinator kota Earth Hour Bandung mengatakan, kegiatan Earth Hour pertama kalinya digelar oleh WWF pada 2007 di Sidney. Misinya mengajak masyarakat, swasta, sadar dampak iklim. ” Ini cara sederhana, simbolis matikan lampu, dan alat elektronik yang tidak terpakai, ” katanya.